Xiaomi vs Oppo: Satu Kampung Mana yang Lebih Worth?

Sedang bimbang ingin membeli handphone Xiaomi atau Oppo? Tenang, Jaka punya perbandingan kedua merek yang sedang naik daun di Indonesia ini!

Kebimbangan dalam membeli sebuah benda seringkali melanda kita menjadi konsumen. Apalagi, apabila kita ditawari dua produk dengan kualitas dan harga yang seimbang.

Salah satunya merupakan waktu kita ingin membeli smartphone. Jika kamu disuruh memilih antara Xiaomi dan Oppo, mana yang akan kamu pilih?

Untuk membantumu memilih jawaban, kali ini Jaka akan mengulas perbandingan antara kedua merek dari China ini secara detail & lengkap!

DAFTAR ISI

  • Xiaomi vs Oppo
    • Perbandingan Merek (Dikenal Oleh Masyarakat)
    • Perbandingan Harga
    • Perbandingan Spesifikasi yang Dimiliki
    • Perbandingan Kamera
    • Perbandingan Barang Elektronik dan Aksesoris Lainnya
    • Perbandingan Anak Perusahaan
    • Perbandingan Hasil Penjualan
    • Kesimpulan: Mana yang Lebih Worth It?

Xiaomi vs Oppo

Xiaomi atau Xiaomi Corporation merupakan perusahaan elektronik asal China yg sudah berdiri sejak 2010.

Sedangkan Oppo atau Oppo Electronics Corporation sudah lebih dulu ada dibanding Xiaomi, yakni sejak tahun 2001.

Kedua perusahaan ini berebut pangsa pasar pada Indonesia, yang memang sangat menggiurkan mengingat besarnya jumlah penduduk negara kita yang membutuhkan smartphone.

Lantas, mana yg produknya lebih worth it buat dibeli?

Perbandingan Merek (Dikenal Oleh Masyarakat)

Xiaomi Vs Oppo 1 518b6Sumber foto: Youtube

Kita tentu tak jarang melihat iklan-iklan smartphone keluaran Oppo yang sering dibintangi seniman manis seperti Chelsea Islan.

Daya tarik yg dimiliki para seniman tersebut dimanfaatkan oleh Oppo buat merebut atensi publik terhadap produk-produk terbarunya, terutama smartphone.

Sebaliknya, pernahkah engkau melihat iklan atau baliho handphone Xiaomi? Hampir mampu Jaka pastikan engkau belum pernah melihatnya di televisi juga di jalan.

Akan namun, bukan berarti handphone Xiaomi nir dikenal oleh masyarakat. Apalagi, banyak youtuber lokal yang melakukan unboxing dan review terhadap handphone milik Xiaomi.

Perbedaan taktik marketing ini menciptakan Jaka memutuskan bahwa Oppo lebih dikenal oleh rakyat Indonesia apabila dibandingkan dengan Xiaomi.

Akan namun di negara maju, Xiaomi & Oppo sama-sama kurang terkenal. Hal ini mampu ditinjau berdasarkan sedikitnya youtuber berdasarkan Amerika Serikat yang melakukan review terhadap dua merek ini.

Hal ini juga bisa dilihat berdasarkan sedikitnya penjualan handphone ini di negara maju, yang akan Jaka jelaskan lebih pada di beberapa poin selanjutnya.

Perbandingan Harga

Xiaomi Vs Oppo 2 84e41Sumber foto: The Register memiliki alasan strategis mengapa mereka tidak beriklan pada media mainstream. Mereka ingin menekan harga semurah mungkin.

Dengan nir mengeluarkan porto produksi pembuatan iklan, mereka sanggup banting harga sampai ke taraf yang susah dianggap oleh akal & menciptakan kompetitornya sedikit panik.

Coba bandingkan dengan Oppo yg harus menggelontorkan biaya untuk menjadikan seseorang Chelsea Islan atau Isyana Sarasvati buat sebagai merk ambassador-nya.

Kita ambil contoh antara Xiaomi Mi Mix 3 & Oppo Find X yg akan Jaka tunjukkan di bawah ini:

Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 3 Oppo Find X
Baterai 3200 mAh 3730 mAh
Layar 6.39 inci 6.42 inci
Prosesor Qualcomm Snapdragon 845 Qualcomm Snapdragon 845
RAM 8/10GB 8GB
Kamera Belakang: 12MP+12MP
Depan: 24MP+2MP
Belakang: 16MP+20MP
Depan: 25MP
Harga Rp6.900.000 Rp10.990.000

Dengan sedikit keunggulan, harga Oppo Find X bisa satu setengah kali lipat harga handphone Xiaomi Mi Mix 3. Tentu orang yg mempunyai dana terbatas akan cenderung memilih Xiaomi karena harganya.

Berdasarkan data yg Jaka bisa, kisaran harga handphone Xiaomi yg tersebar pada Indonesia, berkisar berdasarkan rentang harga Rp900 ribuan - Rp8 Jutaan.

Sedangkan buat Oppo, rentang harga yg ditawarkan produk-produknya berkisar berdasarkan harga Rp1,tiga jutaan hingga Rp10 jutaan.

Perbandingan Spesifikasi yang Dimiliki

Xiaomi Vs Oppo 3 B94daSumber foto: Cnet

apabila berbicara spesifikasi, kedua produk sama-sama menawarkan smartphone menggunakan spesifikasi yang beragam buat menyesuaikan kantong calon pembeli.

Xiaomi, meskipun murah, memiliki kualitas hardware yg cantik. Handphone terkini Xiaomi umumnya juga sudah dibekali dengan RAM yang tinggi dan prosesor modern.

Untuk handphone Oppo, build quality-nya bagus & terlihat premium. Banyak yg bilang bahwa desain Oppo poly terinspirasi dari Apple.

Sayangnya, prosesor yang digunakan dalam handphone Oppo kadang bukan yg terbaik. Beberapa seri Oppo pula masih memakai prosesor Mediatek.

Sebagai analogi, kita sanggup menerima prosesor yang dipakai pada handphone Oppo seharga lima juta pada handphone Xiaomi seharga 3 juta.

Perbandingan Kamera

Xiaomi Vs Oppo 4 98a3a Sumber foto: Mashable

Kalau yg satu ini sanggup dibilang Oppo lebih unggul dibandingkan menggunakan Xiaomi. Kamera selfie yg dimiliki Oppo pula jauh lebih baik berdasarkan kamera-kamera Xiaomi.

Bukan berarti kamera yang dimiliki Xiaomi jelek. Apabila dibandingkan menggunakan harga jualnya, kamera yg dimiliki sang Xiaomi memiliki kemampuan yg cukup mumpuni.

Akan namun jangan membandingkan kamera Xiaomi dan Oppo dengan merek-merek akbar misalnya Apple, Samsung, ataupun Huawei karena beda level.

Untuk harga yg mereka tawarkan, kemampuan kamera yg dimiliki sudah sangat relatif buat mengabadikan momen-momen spesial .

Perbandingan Barang Elektronik & Aksesoris Lainnya

Xiaomi Vs Oppo 5 4c5efSumber foto: Flipkart

Xiaomi dan Oppo sama-sama tidak hanya berkiprah pada pasar smartphone. Mereka jua memproduksi barang elektronik lain yg mampu terintegrasi menggunakan smartphonenya.

Untuk Xiaomi sendiri mempunyai banyak sekali produk misalnya smartwatch Mi Band, powerbank, headphone, Smart TV, robot vacuum cleaner, hingga lampu pintar.

Sedangkan Oppo nir terlalu mempunyai banyak indera elektronika lain misalnya Xiaomi. Dari output riset Jaka, mereka hanya memproduksi Blu-ray players, headphones, dan amplifiers.

Perbandingan Anak Perusahaan

Xiaomi Vs Oppo 5 09401Sumber foto: Gizmochina

Kedua merek sama-sama memiliki sub-brand alias anak perusahaan lo, geng! Hebatnya, anak perusahaan Oppo & Xiaomi ini sama-sama sukses.

Xiaomi mempunyai Pocophone yang menyasar level HP flagship, Black Shark yang menyasar pasar HP Gaming, sedangkan Redmi yang baru saja sebagai anak perusahaan pada awal 2019 ini menyasar kelas menengah ke bawah .

Kalau Oppo, mereka mempunyai sub-brand bernama Realme sebelum akhirnya menjadi perusahaan yg benar-sahih independen pada tahun 2018.

Hebatnya, Oppo menciptakan gebrakan baru di tahun 2019 ini menggunakan meluncurkan sub-brand baru yang bernama Reno. Disebut-sebut, Reno merupakan pesaing bertenaga brand Redmi milik Xiaomi.

Kalau telah begini, cita rasanya persaingan Xiaomi Vs Oppo semakin sengit dan seru buat ditunggu!

Fakta menarik, sebenarnya Oppo, Realme, Vivo, & OnePlus memiliki satu induk perusahaan yg sama, yakni BBK Electronic Corporation!

Perbandingan Hasil Penjualan

Xiaomi Vs Oppo 6 Bak Aea9d Sumber foto: Statcounter

Berdasarkan Statcounter, jumlah penjualan Xiaomi pada Indonesia unggul sedikit daripada Oppo, yakni 21.68% berbanding dengan 17.56% dalam bulan Februari kemarin.

Tetapi angka ini masih kalah menurut penjualan handphone Samsung yg mencapai 24.95%, sekaligus menciptakan merek dari Korea Selatan ini sebagai jawara penjualan smartphone pada Indonesia.

Bagaimana di negara lain? Di India, Xiaomi jua unggul jauh dengan angka 21.78%, meninggalkan Oppo yg jauh berada di angka 9.27%.

Di negeri asalnya sendiri, China, ternyata Oppo (10.94%) lebih unggul daripada Xiaomi (9.97%). Mereka kalah dari merek lain seperti Apple & Huawei.

Secara dunia, Xiaomi lebih unggul berdasarkan Oppo menggunakan nomor penjualan 8.12% berbanding dengan 4.46%.

Nampaknya Xiaomi dan Oppo memang menyasar pasar di negara menengah. Di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, ke 2 merek ini kalah bersaing dengan merek yang lebih ternama.

Kesimpulan: Mana yang Lebih Worth It?

Jadi sehabis melakukan perbandingan antara kedua handphone, mana yang lebih worth it buat kamu beli?

apabila kamu mencari handphone termurah menggunakan spesifikasi garang yang selalu up to date, ditambah menggunakan banyaknya aksesoris yg sanggup dibeli, mending kamu pilih Xiaomi.

Kalau kamu mencari handphone yg memiliki kamera berkualitas menggunakan harga terjangkau & desain bodi yg terkesan premium, engkau boleh menentukan Oppo.

Akhir Kata

Jadi itu beliau, geng, perbandingan antara handphone Xiaomi dan Oppo! Setelah membaca ulasan di atas, kamu lebih memilih yg mana nih, geng? Tulis pada kolom komentar ya!

Kena BLOKIR.. Kamu HARUS NONTON DULU.!! Apa Itu HP BATAM. Kenapa MURAH. Apakah illegal.

Comments

Popular posts from this blog

6 Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

19 HP Triple Kamera Terbaik di 2019

7 Laptop HP Core i7 Terbaik di Tahun 2020 Performa Gahar!