Xiaomi Tidak Laku di Pasar Smartphone Amerika Tenyata Ini Alasannya!

Xiaomi memang mempunyai pasar yang besar pada kawasan Asia, khususnya Indonesia. Tetapi, ternyata pada Amerika Serikat, Xiaomi 'melempem'. Mengapa demikian? Ini penjelasannya!

Siapa yang nir kenal dengan Xiaomi?

Jaka yakin engkau pasti kenal atau setidaknya pernah mendengar nama ini. Xiaomi merupakan galat satu merek elektro yang dikenal memiliki kualitas premium harga kaki lima.

Xiaomi ini sudah terdapat pada Indonesia semenjak 2014 lalu, menggebrak pasar teknologi pada Indonesia lantaran harga produknya yg sangat terjangkau.

Namun, bagaimana dengan penjualan Xiaomi di daerah Amerika Serikat (Alaihi Salam)? Apakah Xiaomi pula dikenal di sana?

Yuk, simak pembahasannya berikut ini, geng!

DAFTAR ISI

  • Xiaomi Besar pada Indonesia, pada Luar Negri? Gak Semudah itu!
    • Kerjasama Distributor yang Sulit
    • Perang Dagang
    • Keamanan Siber
    • Branding

Xiaomi Besar di Indonesia, di Luar Negri? Gak Semudah itu!

Xiaomi adalah sebuah perusahaan berkecimpung pada bidang elektronik dan perangkat keras yang didirikan pada 2010.

Banyak jenis produk yg dikembangkan oleh Xiaomi, diantaranya adalah smartphone, laptop, smartwatch, powerbank, dan poly lagi.

Sejak kedatangannya pada Indonesia, Xiaomi berhasil bekembang dengan sangat pesat. Pada 2018, Xiaomi bisa sebagai perusahaan dengan pangsa pasar ke 2 terbesar di Indonesia dengan angka 25%.

Dikutip dari StatCounter, bila dibandingkan dengan pangsa pasar pada dunia, Xiaomi berada pada urutan keempat dengan angka 7,49% dalam Maret 2019.

Xiaomi Tidak Laku Di Pasar Smartphone Amerika 1 36773

Angka yg didapat oleh Xiaomi masih kalah menggunakan pesaing satu negaranya, Huawei. Angka ini jauh tidak sinkron apabila dibandingkan dengan pangsa pasar di AS.

Dikutip dari Device Atlas, Xiaomi hanya memiliki pangsa pasar sebanyak 0,02% saja pada Alaihi Salam. Sama halnya pada kawasan Eropa Barat, Xiaomi memiliki pangsa pasar sejumlah 3,80% pada kuartal ke 2 2018 kemudian.

Xiaomi Tidak Laku Di Pasar Smartphone Amerika 2 44372

Xiaomi semakin kesulitan untuk masuk ke pasar smartphone pada tempat Barat. Kenapa sanggup demikian? Ini karena:

1. Kerjasama Distributor yg Sulit

Besarnya pasar Xiaomi pada tempat Asia nampaknya nir berlaku bagi pasar Eropa dan Alaihi Salam. Awalnya Xiaomi pernah punya supplier barang pada AS yg bernama US Mobile.

Namun, barang yg dijual tidak mendukung penggunaan di Alaihi Salam. Artinya HP yg dijual tidak dapat memakai koneksi internet 4G & penuh menggunakan aplikasi bawaan dari Tiongkok.

Barang yang tadinya sempat disediakan oleh US Mobile pun ditarik kembali.

Dikutip menurut Android Authority, kesulitan terbesar Xiaomi buat menjual produknya pada Alaihi Salam merupakan hak paten dan distributornya.

Hal ini mengakibatkan Xiaomi nir laris di pasar AS walaupun mempunyai harga perangkat yang sangat menarik.

2. Perang Dagang

Selain kendala pada atas, dikutip dari CNBC, Alaihi Salam sedang mendekati perang dagang menggunakan Tiongkok.

Hal ini akan mengakibatkan setiap barang yg diimpor ke AS berdasarkan Tiongkok akan dikenakan porto lebih pada setiap produk elektroniknya. Termasuk pula perangkat smartphone.

Sebenarnya kalaupun perang dagang ini terus berlanjut, Xiaomi sebenarnya terdapat kesempatan buat suskses di Alaihi Salam, Mengingat harga HP Xiaomi cukup murah.

tiga. Keamanan Siber

Selanjutnya merupakan ihwal keamanan siber yang selalu menjadi permasalahan Alaihi Salam terhadap perangkat menurut Tiongkok. Tak hanya Xiaomi, Huawei & perusahaan Tiongkok lainnya pun mengalami masalah yang sama.

Jika kamu baca artikel Jaka mengenai masalah Alaihi Salam menggunakan Huawei, terdapat kecurigaan terhadap aktivitas 'mata-mata' pemerintah China buat menerima laba intelijen & militer AS.

Hal ini pun menyebabkan banyak produk Tiongkok yang ditarik dari pasaran. Seperti misalnya HP Huawei yang diatarik berdasarkan Best Buy. Hal ini pun dapat berdampak bagi penjualan produk-produk Xiaomi.

Menurut Chris Wray, hal ini dilakukan lantaran adanya 'kekhawatiran' perusahaan asing (terutama dari China) buat mengambil alih jaringan telekomunikasi Alaihi Salam.

We re deeply concerned about the risks of allowing any company or entity that is beholden to foreign governments that don t share our values to gain positions of power inside our telecommunications networks - Chris Wray, FBI

4. Branding

Terakhir adalah branding atau kegiatan buat memperkenalkan suatu produk kepada warga .

Saat ini, masih banyak warga AS yang belum kenal dengan merek Xiaomi. Walaupun pada negara lain misalnya tempat Asia, Xiaomi sudah dikenal luas.

Hal ini pun menciptakan Xiaomi mengembangkan cara buat memperluas sayapnya hingga bisa menjangkau pasar pada AS. Hingga pada 2018 kemudian, Xiaomi mengeluarkan anak perusahaannya yang bernama Pocophone.

Dikutip dari Indian Express melalui wawancaranya menggunakan Alvin Tse, Head of Product Poco Global, nama Poco dipilih buat mempermudah rakyat buat menjelaskan mereknya.

Easy to pronounce, easy to spell, easy to remember, for all countries for across the world - Alvin Tse

Selain itu juga HP ini memiliki harga yang sangat terjangkau apabila ditinjau dari spesifikasi yg dimiliki. Menurut Jaka sendiri, diperkenalkannya Pocophone merupakan langkah Xiaomi buat memperluas pasarnya.

Xiaomi sebenanrya sudah terdapat cita-cita buat memperluas penjualnnya ke tempat barat misalnya Alaihi Salam atau Eropa, yang sampai waktu ini masih belum bisa diraih sang Xiaomi. Bagaimana pendapat engkau ?

Akhir Kata

Itu beliau alasan kenapa Xiaomi kurang terkenal di Alaihi Salam & hanya ternama di beberapa wilayah pada tempat Asia terutama Indonesia. Bagaimana dari kamu?

Tuliskan pendapat engkau pada kolom komentar, ya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

5 Alasan Kenapa Xiaomi Dijual dengan Harga Murah

Comments

Popular posts from this blog

10 HP Termahal di Dunia 2019 Fitur & Spesifikasi Tercanggih

10 Kamera Pocket Terbaik Harga Mulai 1 Jutaan (Update 2019)

Perbedaan iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max