Jangan Tertukar Ini Perbedaan Modem Router Switch dan Hub!

Masih gundah bedanya perangkat modem, router, switch, dan hub? Yuk simak penjelasan, fungsi, dan cara kerja selengkapnya di sini!

Sebagai pengguna internet, engkau perlu mengetahui macam-macam jaringan yang digunakan buat menghubungkan internet dengan perangkat.

Perangkat tersebut pada antaranya adalah modem & router yg dipakai sebagai mediator untuk menghubungkan internet yg akan diteruskan kepada pengguna di rumah atau perkantoran.

Data yang terhubung menggunakan PC atau laptop bisa dibagikan pulang memakai hub & switch. Perangkat sejenis ini umumnya dipakai dalam perkantoran yg membutuhkan koneksi poly perangkat PC.

Nah, berikut adalah Jaka jelaskan apa sih sebenarnya disparitas antara jaringan komputer Modem, Router, Switch, & Hub agar engkau gak keliru. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

DAFTAR ISI

  • Modem
    • Fungsi Modem
  • Router
    • Fungsi Router
  • Switch
    • Fungsi Switch
  • Hub
    • Fungsi Hub

Apa Sih Modem, Router, Switch, dan Hub?

Mungkin perbedaan perangkat ini terdengar sangat teknis dan sulit untuk dipahami, tetapi kenyataannya nir begitu sulit kok buat tahu fungsi dan perbedaan antar perangkat ini.

Yuk, simak pengertiannya pada bawah ini lengkap dengan kegunaannya.

1. Modem

Perbedaan Modem Router Switch Dan Hub 1 7ffaa

Pertama merupakan Modem, perangkat ini umumnya dipakai buat menghubungkan personal komputer menggunakan internet tanpa memakai kabel. Pasti kamu acapkali lihat dong perangkat satu ini?

Modem adalah singkatan menurut Modulator Demodulator. Modulator berfungsi menjadi pengubah frekuwensi keterangan sebagai frekuwensi pembawa, sedangkan Demulator berfungsi sebagai pemisah sinyal.

Modulator Demodulator atau Modem secara teknis adalah sebuah perangkat komunikasi 2 arah buat mengubah sinyal keterangan sebagai frekuwensi pembaca, lalu memisahkannya.

Modem acapkali digunakan sang pengguna laptop karena bisa dipakai secara portabel & ringkas buat dibawa kemana-mana. Bentuknya seperti sebuah flashdisk yang sama-sama dihubungkan melalui port USB.

Modem dibagi menjadi dua macam, yaitu internal modem dan eksternal modem. Modem internal merupakan modem yang telah terpasang dalam CPU PC, sedangkan modem eksternal merupakan modem yang dipasang di luar komputer.

Modem eksternal membutuhkan kartu spesifik dari provider (jenis GSM, CDMA, dan lainnya) untuk menikmati internet pada komputer engkau . Selain modem eksternal yg berbentuk kecil, terdapat jua jenis DSL modem router.

Modem 1cdb9

DSL modem router ini merupakan jenis modem yang sudah berbentuk router. Biasanya provider internet rumahan menggunakan perangkat jenis ini supaya lebih gampang dipakai & simpel.

Fungsi Modem

dua. Router

Perbedaan Modem Router Switch Dan Hub 2 6c638

Selanjutnya merupakan Router, perangkat yg digunakan buat menghubungkan sejumlah jaringan komputer dengan mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan ke tujuannya melalui proses routing.

Simpelnya, router adalah sebuah perangkat untuk menghubungkan beberapa komputer dengan internet. Router jua bisa memudahkan akses LAN antar personal komputer .

Router membutuhkan modem buat bisa menghubungkan personal komputer menggunakan internet. Cara mengubungkan komputer dengan router pun relatif gampang, via WiFi ataupun via Ethernet.

Fungsi Router

3. Switch

Perbedaan Modem Router Switch Dan Hub 3 67d0f

Switch ini digunakan buat menghubungkan kabar dari satu personal komputer ke komputer lainnya secara khusus. Switch diibaratkan menjadi sebuah lalu lintas data menggunakan alamat MAC Address.

Dengan memakai switch, kamu dapat mengirim data pada satu komputer secara spesifik menggunakan kecepatan hingga 100Mbps. Perangkat ini lebih seringkali digunakan buat komputer yg memerlukan kecepatan transfer data cepat.

Fungsi Switch

4. Hub

Perbedaan Modem Router Switch Dan Hub 4 Fd0df

Terakhir adalah Hub atau Network Hub, perangkat ini serupa menggunakan switch yang menghubungkan satu perangkat menggunakan lainnya dalam suatu jaringan.

Namun, proses transfer data yg memakai hub tidaklah spesifik. Data yg dikirimkan oleh satu perangkat akan diterima sang perangkat lainnya yg tersambung.

Hub dibagi menjadi 3 jenis, yaitu active hub, passive hub, dan intelligent hub. Perbedaan antara ketiga jenis hub ini hanya masih ada pada sistem keamanannya.

Active hub mendapat data berdasarkan perangkat yg terhubung, kemudian memperkuat keamanan data sebelum dikirimkan pulang ke perangkat lain yang terhubung.

Passive hub mendapat & mengirimkan data ke perangkat lain yg terhubung. Sedangkan, intelligent hub melakukan pengaturan & memeriksa kemudian lintas data pada jaringan hub.

Fungsi Hub

Informasi lebih lengkap mengenai disparitas Switch dan Hub bisa engkau baca di artikel Jaka sebelumnya.

Akhir Kata

Itu beliau disparitas antara modem, router, switch, & hub yang seringkali bikin keliru. Apakah kamu ada pertanyaan seputar keempat jaringan personal komputer ini?

Jika ada, tuliskan pertanyaan dan pendapat engkau di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

PENGGUNAAN SFP (FIBER OPTIK) - MIKROTIK TUTORIAL [ENG SUB]

Comments

Popular posts from this blog

6 Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

19 HP Triple Kamera Terbaik di 2019

7 Laptop HP Core i7 Terbaik di Tahun 2020 Performa Gahar!