Ini Dia Sejarah Lengkap Perkembangan Kamera di HP Dulu Ada HP Kamera 3D?

Perkembangan kamera handphone semakin menggila, lantas bagaimana teknologi ini menjadi sangat terkenal? Berikut pembahasannya!

Sudah dengan kehebatan 4 kamera Huawei P30 Pro yg baru saja dirilis beberapa hari yg lalu? Penasaran gak, sih, bagaimana sebenarnya kamera HP bisa dibentuk?

Sejarah pembuatan kamera di handphone sebenarnya belum terlalu lama . Baru kurang lebih 20 tahun yang kemudian kamera di HP dikembangangkan secara serius.

Namun, di balik bepergian 20 tahun perkembangan teknologi kamera HP, poly hal atau fakta yang terlupakan.

Nah, buat menjawab rasa bertanya-tanya kamu, Jaka akan membahas bagaimana sejarah perkembangan kamera HP berdasarkan dahulu sampai menggunakan sekarang ini!

Sejarah & Perkembangan Kamera HP berdasarkan Masa ke Masa

Sebenarnya, untuk membahas perkembangan kamera HP berdasarkan masa ke masa amatlah panjang atau mungkin malah bisa dijadikan skripsi.

Ide menempatkan kamera pada pada HP sebenarnya telah lama . Kalau kamu hobi nonton film jadul, niscaya pernah menemukan adegan ada sebuah HP canggih yg digunakan pemain di film tersebut.

Kali ini, Jaka akan membahas secara urutan timeline menurut pertama kali kamera HP diciptakan.

Timeline Penemuan dan Perkembangan Kamera HP

Awal 90-an

Sejarah Kamera HP 4 Da14c

Pada lepas 30 Januari 1993, Daniel A. Henderson menemukan sebuah sistem yg pada lalu hari dikembangkan agar foto & video bisa ditinjau di perangkat wireless seperti HP.

Prototype HP dengan kamera pertama pada global ini masih tersimpan rapi dan mampu engkau lihat di The Smithsonian National Museum of American History

Sekitar 4 tahun berselang, tepatnya dalam tanggal 11 Juni 1997, foto pertama timbul di HP. Penemunya adalah Phillipe Kahn yg secara sengaja mengirimkan foto anak perempuannya yg baru lahir.

Phillipe Kahn membeli kamera digital Casio QV-10 & mengotak-atiknya sedemikian rupa, sampai output foto di kameranya bisa diterima sang keluarganya melalui HP.

Sistem yg Kahn temukan ini pada kemudian hari dinamakan MMS (Multimedia Message Service). Sebuah sistem yg memungkinkan kita buat berkirim pesan gambar, suara atau video hanya melalui jaringan internet.

Awal 2000-an

Sejarah Kamera HP 2 13fdb

Tepat dalam bulan Juni tahun 2000, Phillipe Kahn mendirikan LightSurf Technologies yg memungkinkan penggunanya buat mengirimkan hasil foto pada kamera mereka melalui e-mail.

Bekerja sama menggunakan Kahn, Sharp adalah produsen HP pertama yang berbagi HP menggunakan kamera pada dunia. Saat itu Sharp menghasilkan HP pertama pada global pada bawah perusahaan J-Phone.

Seri pertama HP berkamera di global merupakan J-SH04 yang dijual pada Jepang pada lepas 1 November 2000. Kala itu ukuran kamera J-SH04 hanya 0,11 pixel & hanya bisa menampung 20 foto saja.

Sejarah Kamera HP 3 D3acd

Beberapa tahun berselang, tepatnya pada lepas 26 Juni 2002, Nokia 7650 resmi diluncurkan secara global. Pada ketika itu kualitas kamera 7650 hanya VGA (640x480) tanpa mendukung perekaman video.

Setelah Nokia 7650 diluncurkan, aneka macam HP Nokia bermunculan & terus sebagai trendsetter HP berkamera. Sebut saja Nokia 3650, Nokia 6600, Nokia 7610, & puncaknya Nokia N Series.

Pada masanya, Nokia N Series seperti N90, N93, N95, & lain-lain, selalu menjadi primadona HP berkamera.

Pada waktu itu, Nokia N series bahkan dilengkapi menggunakan lensa Carl Zeiss, yg dipercaya sanggup membentuk output foto yg baik tanpa perlu aplikasi edit foto apapun.

Hingga akhirnya pada lepas 9 Januari 2007, Apple membuat sebuah perubahan akbar-besaran dengan mengeluarkan iPhone generasi pertama.

Saat itu, iPhone generasi pertama hanya dilengkapi kamera ukuran 2.0 MP tanpa kemampuan merekam video.

Ketika iPhone muncul pertama kali, mobile photography misalnya mendapat perhatian spesifik bahwa kamera di HP bukan sekadar hiasan belaka.

Kamera HP bisa menghasilkan hasil foto yg sama baiknya menggunakan kamera pocket atau Kamera DSLR.

Awal 2010-an sampai Sekarang

Sejarah Kamera HP 5 701ff

Pada awal tahun 2010, Nokia N8 diluncurkan & sempat membuat publik heboh menggunakan kamera 12MP plus lensa Carl Zeiss.

Belum lagi, kamera Nokia N8 dilengkapi dengan kemampuan merekam menggunakan resolusi HD (720p@30fps).

Kira-kira pada tahun 2011, HTC sempat mengeluarkan HP dengan kemampuan kamera 3D. Tentu seluruh orang bingung menggunakan fungsi kamera 3D ini. Lantaran pada waktu itu ada 2 kamera di HP ini (satu kamera biasa, satu lagi kamera 3D).

Sayang, kamera 3D yg dijajakan HTC nir menerima respon rupawan menurut pasar dan nir diteruskan teknologinya. HP HTC dengan kamera 3D ini diberi nama HTC EVO 3D.

Nah, diklaim-sebut HTC EVO 3D dan HTC M8 dinobatkan sebagai keliru satu HP dual kamera pertama yang diproduksi ketika itu. LG G5 dan Huawei P9 merupakan beberapa HP yg memopulerkan konsep dual kamera.

Sejarah Kamera HP 7 7c804

Namun, baru pada tahun 2016 sesudah iPhone 7 Plus resmi diluncurkan, konsep HP dual kamera menjadi sangat terkenal & booming pada warga .

Setelah iPhone 7 Plus ada, konsep dual kamera seakan-akan sebagai wajib pada sebuah smartphone mana pun. Ketika pertama kali keluar, HP dengan dual kamera pasti masuk dalam kategori HP flagship.

Kini, HP dual kamera misalnya sudah ketinggalan zaman. HP kelas menengah berdasarkan seluruh pembuat misalnya Oppo, Vivo, sampai Xiaomi mengeluarkan HP dual kamera menggunakan harga murah.

Konsep dual kamera tampaknya mulai akan bergeser sebagai 3, 4 atau mungkin 5 kamera. Perkembangan tentang HP berkamera akan Jaka bahas pada sub-judul selanjutnya.

Masa Depan Kamera HP & Perang Jumlah Lensa

Sejarah Kamera HP 8 7387b

Ada dua hal yang menjadi concern Jaka mengenai perkembangan HP dan kamera. Pertama, perang ukuran resolusi kamera yang semakin besar . Kedua, perang jumlah kamera yang semakin banyak.

Snapdragon 855 baru saja menaruh update bahwa prosesor terbaru mereka mendukung kamera hingga resolusi 192MP! Tentu hal ini membuat perang ponsel kamera sebagai semakin seru.

Selain masih mengungkapkan kira-kira apa fungsi kamera pada atas 100MP, perang resolusi ini sebenarnya sudah dimulai lantaran beberapa produsen HP mulai mengeluarkan HP dengan kamera 48MP.

Entah sampai kapan, perang resolusi kamera ini akan berlanjut & apakah kamera 100MP benar-benar akan diciptakan dan diproduksi, kita belum sanggup mengetahuinya.

Sejarah Kamera HP 1 66df8

Kedua, kasus jumlah lensa kamera pada 1 HP. Saat ini, Nokia 9 Pureview sebagai galat satu HP menggunakan jumlah kamera terbanyak, yaitu berjumlah 5 kamera.

Huawei P30 Pro yg baru saja resmi diluncurkan, menggunakan 4 butir kamera dengan berbagai fungsi yang bhineka & menciptakan P30 Pro sebagai raja DxOMark modern.

Perang kamera HP semakin seru! Jaka belum sanggup memastikan masa depan HP berkamera seperti apa. Tetapi Jaka yakin output kamera berdasarkan HP akan semakin membaik dan sanggup setara kamera DSLR dan Kamera Mirrorless.

Akhir Kata

Itu beliau sedikit sejarah bagaiamana HP berkamera mampu menjadi sebuah kewajiban pada semua smartphone waktu ini.

Kita harus senang bahwa teknologi kamera pada HP semakin poly manfaatnya dan semakin seperti hasilnya dengan kamera profesional.

Silakan share & komen artikel ini buat terus menerima berita, tips & trik dan warta seputar teknologi berdasarkan Jalantikus.Com

Huawei 4 HP Kamera Terbaik di Awal 2019!

Comments

Popular posts from this blog

6 Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power

19 HP Triple Kamera Terbaik di 2019

7 Laptop HP Core i7 Terbaik di Tahun 2020 Performa Gahar!